Minggu, 21 November 2010

Tujuan Dinamika Kelompok

Tujuan kelompok merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh kelompok. Tujuan perlu memberi arah pada kegiatan dan memberi kerangka bagi pengambilan keputusan yang rasional tentang jenis dan jumlah kegiatan yang harus dilakukan oleh kelompok yang menjadi kriteria pengukur kemajuan.
Tujuan dinamika kelompok :
1.meningkatkan proses interaksi antara anggota kelompok
2.meningkatkan produktivitas anggota kelompok
3.mengembangkan kelompok ke arah yang lebih baik, lebih maju
4.meningkatkan kesejahteraan hidup anggotanya
 tidak mempunyai kesatuan tujuan
Kerumunan:
tidak mempunyai ikatan kelompok
 mempunyai kesatuan tujuan yang
Kelompok:
mempunyai ikatan kelompok disepakatibersama
C.Manfaat Dinamika Kelompok
Dinamika kelompok merupakan kebutuhan bagi setiap individu yang hidup dalam sebuah kelompok. Manfaat dinamika kelompok antara lain:
1.Membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup. (Bagaimanapun manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.)
2.Memudahkan segala pekerjaan. (Banyak pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan tanpa bantuan orang lain)
3.Mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga selesai lebih cepat, efektif dan efesian.
(pekerjaan besar dibagi-bagi sesuai bagian kelompoknya masing-masing / sesuai keahlian)
4.Menciptakan iklim demokratis dalam kehidupan masyarakat
(setiap individu bisa memberikan masukan, berinteraksi dan memiliki peran yang sama dalam masyarakat)
D.Rangkuman
Dinamika kelompok merupakan suatu metode dan proses yang bertujuan meningkatkan nilai kerjasama kelompok. Artinya metode dan proses dinamika kelompok ini berusaha menumbuhkan dan membangun kelompok yang semula terdiri dari kumpulan individu yang belum saling mengenal satu sama lain menjadi satu kesatuan kelompok dengan satu tujuan, satu norma dan satu cara pencapaiannya yang disepakati bersama.
Tujuan dinamika kelompok adalah meningkatkan proses interaksi antara anggota kelompok, meningkatkan produktivitas anggota kelompok, mengembangkan kelompok ke arah yang lebih baik, lebih maju serta meningkatkan kesejahteraan hidup anggotanya.
Bagaimanapun manusia tidak bisa hidup sendiri dan banyak pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu pekerjaan besar dibagi-bagi sesuai bagian kelompoknya masing-masing / sesuai keahlian dan setiap individu bisa memberikan masukan, berinteraksi dan memiliki peran yang sama dalam masyarakat.

sumber :
http://www.deptan.go.id/bpsdm/stpp-magelang/download/ahli_dinamika_peserta.pdf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar