Minggu, 17 Oktober 2010

Ketertarikan Interpersonal part 2


Gagasan tentang "burung bulu kawanan bersama" menunjukkan kesamaan yang merupakan penentu penting daya tarik interpersonal. Menurut model tarik-kesamaan Morry's (2007), ada awam keyakinan bahwa orang-orang dengan kesamaan yang sebenarnya menghasilkan daya tarik awal. kesamaan dirasakan mengembangkan seseorang untuk orang lain menilai sebagai mirip dengan diri mereka sendiri dalam hubungan berlangsung. Persepsi tersebut adalah salah egois (persahabatan) atau hubungan-melayani (hubungan romantis). Newcomb (1963) menunjukkan bahwa orang cenderung untuk mengubah kesamaan persepsi untuk memperoleh keseimbangan dalam hubungan. Selain itu, kesamaan persepsi ditemukan lebih besar dari kesamaan yang sebenarnya dalam memprediksi atraksi interpersonal.


Kesamaan dalam berbagai aspek

Temuan menunjukkan bahwa kesamaan interpersonal dan daya tarik yang multidimensi konstruksi (Lydon, Jamieson & Zanna, 1988), di mana orang tertarik kepada orang lain yang serupa dengan mereka dalam demografi, penampilan fisik, sikap, gaya interpersonal, latar belakang sosial dan budaya, kepribadian, kepentingan dan preferensi kegiatan, dan komunikasi dan keterampilan sosial.Sebuah studi yang dilakukan oleh Theodore Newcomb (1961) di asrama perguruan tinggi teman sekamar menyarankan bahwa orang dengan latar belakang bersama, prestasi akademik, sikap, nilai, dan pandangan politik menjadi teman.
Penampilan fisik
The hipotesis pencocokan diusulkan oleh sosiolog Erving Goffman menunjukkan bahwa orang lebih mungkin untuk membentuk hubungan jangka panjang dengan mereka yang sama-sama cocok dalam atribut sosial, seperti daya tarik fisik, karena mereka. [4] Studi yang dilakukan oleh peneliti Walster dan Walster mendukung pencocokan hipotesis dengan menunjukkan bahwa mitra yang serupa dalam hal daya tarik fisik menyatakan paling suka satu sama lain. [5] Studi lain juga menemukan bukti yang mendukung hipotesis yang cocok: foto pasangan kencan dan terlibat dinilai dalam hal daya tarik, dan kecenderungan pasti ditemukan untuk pasangan daya tarik sama dengan tanggal atau terlibat. [6]
Namun, kecepatan-dating Percobaan dilakukan pada mahasiswa pascasarjana dari Columbia University menunjukkan bahwa meskipun daya tarik fisik lebih disukai dalam calon pasangan, pria menunjukkan preferensi yang lebih besar untuk itu daripada wanita. [7]
Sikap
Menurut 'hukum tarik-menarik' oleh Byrne (1971) [8] , daya tarik terhadap orang yang secara positif berkaitan dengan proporsi kesamaan sikap berhubungan dengan orang itu. Clore (1976) juga dikemukakan bahwa satu dengan sikap yang sama seperti milik Anda lebih menyenangkan dengan persepsi Anda tentang hal-hal dan lebih memperkuat dia / dia, sehingga lebih Anda suka dia.Berdasarkan konsistensi kognitif teori, perbedaan sikap dan kepentingan dapat menyebabkan benci dan penghindaran (Singh & Ho, 2000; Tan & Singh, 1995) sedangkan kesamaan dalam sikap mempromosikan daya tarik sosial (Byrne, London & Reeves, 1968; Singh & Ho , 2000). Miller (1972) menunjukkan bahwa kesamaan sikap mengaktifkan daya tarik yang dirasakan dan informasi yang mendukung kemampuan dari satu sama lain, sedangkan perbedaan akan mengurangi dampak dari isyarat.
Penelitian oleh Jamieson, Lydon dan Zanna (, 1987 1988) menunjukkan bahwa kemiripan sikap dapat memprediksi bagaimana orang menilai menghormati mereka satu sama lain, dan kesan pertama sosial dan intelektual yang dalam hal kesamaan aktivitas preferensi dan berbasis nilai kesamaan sikap masing-masing. Dalam perbandingan antargolongan, kesamaan sikap tinggi akan mengakibatkan homogenitas di antara anggota dalam kelompok sedangkan kesamaan sikap rendah akan menyebabkan perbedaan di antara anggota dalam kelompok, mempromosikan daya tarik sosial dan pencapaian kinerja kelompok yang tinggi dalam tugas yang berbeda (Hahn & Hwang, 1999).
Meskipun kesamaan sikap dan atraksi yang berhubungan linier, atraksi mungkin tidak memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengubah sikap (Simons, Berkowitz & Moyer, 1970)
Sosial dan latar belakang budaya
Byrne, Clore dan Worchel (1966) menyarankan orang dengan status ekonomi yang sama kemungkinan besar akan tertarik satu sama lain. Buss & Barnes (1986) juga menemukan bahwa orang lebih suka pasangan romantis mereka untuk menjadi serupa dalam karakteristik demografi tertentu, termasuk latar belakang agama, orientasi politik dan status sosial-ekonomi .
Kepribadian
Para peneliti telah menunjukkan bahwa daya tarik interpersonal berkorelasi positif kepribadian kesamaan (Goldman, Rosenzweig & Lutter, 1980). Orang-orang cenderung mitra keinginan romantis yang mirip dengan mereka pada keramahan, hati nurani, ekstroversi, kestabilan emosi, keterbukaan terhadap pengalaman (Botwin, Buss, & Shackelford, 1997), dan gaya lampiran (Klohnen & Luo, 2003).
Minat dan aktivitas
Kegiatan kesamaan terutama prediksi dari penilaian sukai, yang mempengaruhi penilaian tarik-menarik (Lydon, Jamieson & Zanna, 1988). Lydon dan Zanna (1987, 1988) menyatakan bahwa pemantauan diri yang tinggi orang lebih dipengaruhi oleh kesamaan aktivitas preferensi dari kesamaan sikap terhadap daya tarik awal, sedangkan rendah diri pemantauan orang lebih dipengaruhi pada daya tarik awal dengan kesamaan sikap berbasis nilai dari pilihan kegiatan kesamaan.
Ketrampilan sosial
Menurut langkah-langkah pasca-percakapan daya tarik sosial, kesamaan taktis berkorelasi positif dengan kepuasan partner dan peringkat kompetensi global, tetapi tidak berkorelasi dengan perubahan pendapat dan dirasakan tindakan persuasi (Waldron & Applegate, 1998).


Alasan kesamaan pasangan (Watson et al., 2004)

Sosial homogamy mengacu pada "pasif, efek tidak langsung pada kesamaan suami" (Watson et al, 2004, p.1034.). Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur dan tingkat pendidikan sangat penting dalam mempengaruhi preferensi pasangan. Karena orang-orang dengan studi usia yang sama dan berinteraksi lebih dalam bentuk yang sama dengan sekolah, efek keakraban (yaitu, kecenderungan orang untuk bertemu dan menghabiskan waktu dengan mereka yang berbagi karakteristik umum) memainkan dampak yang signifikan dalam kesamaan pasangan.
Konvergensi mengacu pada kesamaan meningkat dengan waktu. Walaupun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ada pengaruh lebih besar pada sikap dan nilai dari pada karakter kepribadian, bagaimanapun, ditemukan bahwa berbagai awal (misalnya, kesamaan dalam pasangan di awal pernikahan) bukan konvergensi, memainkan peran penting dalam menjelaskan pasangan kesamaan.
berbagai Aktif mengacu pada efek langsung pada memilih seseorang yang serupa sebagai diri dalam preferensi kawin. Data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang lebih besar pada sikap politik dan agama dari pada sifat-sifat kepribadian. Masalah-up mengikuti pada alasan menemukan dibangkitkan. Konsep istimewa (yaitu, individu yang berbeda memiliki preferensi pasangan yang berbeda) dan konsensus (yaitu, sebuah konsensus preferensi pada beberapa pasangan calon kepada orang lain) dalam preferensi pasangan. Data menunjukkan bahwa pasangan preferensi pada basis politik dan agama cenderung aneh, misalnya, seorang Katolik akan lebih cenderung memilih pasangan yang juga seorang Katolik, sebagai lawan seorang Buddhis. preferensi istimewa tersebut menghasilkan bermacam-macam tingkat tinggi aktif yang memainkan peran penting dalam mempengaruhi kesamaan pasangan.
Singkatnya, assortarity aktif, sedangkan konvergensi memiliki sedikit bukti pada menunjukkan pengaruh tersebut.


Pengaruh kesamaan pada atraksi interpersonal

Kesamaan memiliki pengaruh terhadap memulai hubungan dengan daya tarik awal untuk mengenal satu sama lain. Hal ini menunjukkan bahwa kesamaan sikap tinggi menghasilkan peningkatan signifikan dalam daya tarik awal kepada orang target dan perbedaan sikap yang tinggi mengakibatkan penurunan daya tarik awal (Gutkin, Gridley & Wendt, 1976; Kaplan & Olczak, 1971). Kesamaan juga mempromosikan komitmen hubungan. Studi tentang kencan pasangan heteroseksual menemukan bahwa kesamaan dalam nilai-nilai intrinsik pasangan itu terkait dengan komitmen hubungan dan stabilitas (Kurdek & Schnopp-Wyatt, 1997).

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Interpersonal_attraction

Tidak ada komentar:

Posting Komentar